INF In-Game Club

Dari Indonesia Netaudio Forum
Revisi per 8 September 2020 06.05 oleh Hilmanasdf (bicara | kontrib) (→‎Outdoor Stage)
(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)
Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian

Click here for English

Poster publikasi INF In-Game Club

Lihat panduan penggunaan SWGBBO di sini.

Pengantar

Latar Belakang

Setiap dua tahun Indonesia Netaudio Forum menggelar sebuah perhelatan offline Indonesia Netaudio Festival. Program ini telah dilangsungkan selama tiga kali, yaitu di Yogyakarta (2012), Bandung (2014), dan pada tahun 2018 di Yogyakarta. Tahun 2020 adalah edisi ke-4 untuk penyelenggaraan festival tersebut. Berbeda dengan tahun 2018 dimana acara digelar dalam skala cukup besar, edisi tahun ini dirancang dengan menggelar beberapa acara kecil dengan format beragam yang tersebar dalam kurun waktu satu tahun.

Pandemi COVID-19 yang merebak di seluruh dunia pada bulan Maret 2020 tentu saja mempengaruhi rencana Indonesia Netaudio Festival. Seluruh aktivitas publik dan interaksi sosial berbentuk fisik menjadi sangat terbatas, bahkan tertutup. Semua orang kemudian menatap pada internet, menggantikan keterbatasan fisik dengan virtual. Ruang maya ini didorong untuk mampu memenuhi kebutuhan interaksi sosial baik dalam kebutuhan sehari - hari, pekerjaan, sekolah hingga layaknya acara bagi masyarakat. Fitur streaming yang dimiliki oleh internet menjadi semakin populer digunakan secara umum oleh berbagai lapisan masyarakat. Pertunjukan musik beralih pada platform ini. YouTube, Facebook Live, Instagram Live, hingga platform gamer Twitch dan web-conference Zoom marak digunakan.

Di waktu yang sama muncul inisiatif solidaritas yang digalang oleh praktisi seni dan budaya. Mereka membangun upaya saling membantu melalui jejaring skala mikro dalam mengatasi kondisi dengan menggelar penggalangan donasi untuk penyediaan pangan gratis. Beberapa diantaranya banting setir dengan melakukan bisnis yang dianggap masih berjalan, seperti menjual makanan. Bentuk - bentuk upaya ini sangat menarik melihat strategi warga dalam mengolah potensi pribadi dan lingkungannya, mengkolaborasikan potensi dengan jejaring sosial ruang maya dalam keterbatasan interaksi fisik. Disini internet bukan hanya menjadi tulang punggung komunikasi pada saat pandemi ini, tapi juga sebagai bagian dari kreativitas strategi dari warga untuk bertahan.

Sedangkan bagi para pelaku musik yang sudah akrab dengan distribusi internet, kondisi ini menjadi kesempatan bagi mereka mengulik, menggali dan menghasilkan kembali. Internet juga menjadi wadah bagi para musisi untuk menggalang konser langsung yang dapat disaksikan oleh para pengguna secara virtual. Tentunya konser langsung sangat mungkin dilakukan bagi negara dengan infrastruktur internet mumpuni. Bagi Indonesia sendiri, infrastruktur ini belum pada tahap tersebut sehingga meminimalisir kemungkinan untuk pergelaran konser musik secara langsung. Alhasil dibutuhkan strategi berbeda untuk menampilkan sebuah pertunjukan musik melalui internet.

INF In-Game Club

Menanggapi fenomena tersebut, INF menginisiasi sebuah pertunjukan musik dan menyediakan sebuah hub bagi aksi solidaritas secara virtual, yaitu INF In-Game Club. Pertunjukan musik akan dilangsungkan dengan menggunakan platform game SWGBBO (Habbo retasan), sehingga memungkinkan penonton bisa hadir secara virtual, saling berinteraksi melalui fitur chat dan bergerak dalam game tersebut. Selama acara berlangsung penonton bisa mengakses bazar yang berupa daftar aksi solidaritas untuk memberikan dukungan langsung. Selain itu, hub ini juga menampilkan bentuk - bentuk usaha independen dari warga khususnya di bidang musik. Bentuk usaha yang ditampilkan dapat berupa berbagi karya musik, makanan, minuman dan juga jasa. Acara berlangsung selama satu hari dengan menampilkan musisi-musisi elektronik/DJ pada tanggal 10 September 2020 di situs idnf.club.

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

  • Tanggal: 10 September 2020
  • Jam: 18.00-03.00 WIB
  • Tempat: idnf.club atau masuk ke SWGBBO dan kunjungi ruang INF Garden, INF Diskotek, dan Perky Chamber (after party)

Daftar Program

Musik

In-Game Club

Program musik dalam In-Game Club (IGC) ini berfokus pada dinamika beragam musik elektronik. Pada kesempatan ini, IGC mengajak musisi-musisi untuk menampilkan karya yang belum ditampilkan sebelumnya dalam bentuk fisik maupun virtual. Musisi dapat berinteraksi langsung dengan penonton dalam platform SWGBBO melalui fitur chat selama penampilan mereka berlangsung. Pertunjukan digelar di 2 panggung virtual dengan tema indoor dan outdoor. Masing-masing panggung menampung maksimal 75 orang. Tiap panggung virtual tersebut akan menampilkan 5 musisi.

Outdoor Stage
  • Waktu: 18.00-23.45 WIB
  • Tempat: INF Garden

Menampilkan:

Indoor Stage
  • Waktu: 18.00-23.00 WIB
  • Tempat: INF Diskotek

Menampilkan:

After Party
  • Waktu: 23.00-03.00 WIB
  • Tempat: Perky Chamber

Menampilkan:


Bazar Solidaritas

INF In-Game Club Bazaar Open Call

Bazar Solidaritas adalah bagian dari inisiatif INF In-Game Club untuk menyediakan ruang daring bagi para rekan sejawat menampilkan inisiatif solidaritas, rilisan musik, produk kuliner, dan iklan jasa mereka agar bisa direspon langsung oleh para pengakses program ini.

Siapa saja dapat mempromosikan inisiatif maupun produknya di kanal ini secara gratis.

Bagi para pihak yang ingin ikut serta berpromosi di program ini dapat mengisi formulir-formulir berikut selengkap mungkin.


Tim Penyelenggara

Nama Posisi
Wok The Rock dan Andreas Siagian Tata Artistik
Anitha Silvia Administrasi
Ari Bowo Website Developer
Hilman Fathoni Publikasi
Irindita Laras Club Designer & Producer After Party
Okta Samid Desainer Grafis
Yahya & Eris Setiawan Pembawa Acara
Bung Kalz Merchandise